Kuasai Produk Bisnis Sebelum Memperkenalkan Produk

Kuasai Produk Bisnis Sebelum Memperkenalkan Produk

Menguasai produk bisnis merupakan hal yang utama dalam strategi marketing. Karena dengan mengenali produk, Anda bisa menentukan kemana produk ini akan dijual sehingga target pasar jelas. Selain itu, dengan mengenali produk bisnis ini, Anda juga bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kostumer.

Terkadang para pembisnis online hanya melupakan hal ini, dan hanya menjual melalui media sosial, blog, v-blog ataupun media iklan online tanpa tau dengan detail produk yang akan Mereka jual. Sehingga tanpa disadari, pasaran yang Mereka targetkan salah dan sering tidak terjadi order didalamnya.

Sebagai contoh, Anda ingin menjual Kacamata Anti Radiasi, namun tanpa Anda kenali lebih dalam, Anda jual pada para pecinta buku cetak, tentu sebagian besar dari Mereka akan melewatkan iklan itu. Tapi berbeda jika Anda menjualnya pada Forum Pencinta Buku Online, tentu Mereka akan melihat iklan Anda.

Selain itu, dengan mengetahui produk secara benar, Anda bisa memberikan informasi lengkap seputar produk Anda sendiri. Dan yang terpenting adalah keunggulan dari produk Anda sendiri.

Seorang ahli perikalanan yang terkenal Bill Bernbach, Amerika Serikat berkata “Tidak peduli seberapa mahir Anda, seseorang tidak akan pernah dapat menciptakan keunggulan produk yang tidak pernah ada”. Jadi tanpa Anda mengenal produk Anda, sudah pasti Anda tidak akan bisa mengetahui keunggulan produk Anda.

Lalu bagaimana cara menguasai produk bisnis Kita dengan benar? Dalam Artikel ini Saya akan menjelaskan cara menguasai produk bisnis dengan benar sebelum memperkenalkan produk bisnis ke calon konsumen dengan beberapa pertanyaan berikut:

Apa Fungsi Dari Produk Anda?

Pertanyaan ini akan muncul pertama kali setelah konsumen Anda melihat produk bisnis yang Anda jual. Anda harus tau secara detail fungsi produk itu, sehingga Anda bisa menjelaskan fungsi dan kegunaan kepada konsumen dengan jelas. Dan yang terpenting Anda bisa menentukan target pasar yang pas untuk produk yang akan Anda jual ini. 

Apa Fitur dari produk Anda?

Pertanyaan ini seringkali muncul dalam benak konsumen setelah mengetahui fungsi dari produk Anda. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus mengetahui dulu arti dari fitur sebuah barang.

Apa itu Fitur? Fitur adalah karakteristik dari sebuah barang yang menggambarkan penampilan, komponen, sifat yang berupa bentuk, berat, ukuran, warna dan lainnya yang menambah nilai dari barang tersebut, sehingga dapat menarik konsumen Anda.

Sebagai contoh warna produk yang menarik, model yang bagus dan kekinian, bentuk dan ukuran yang fleksibel dan lain sebagainya.

Apa Benefit Atau Keuntungan dari Produk Anda?

Pertanyaan ini akan muncul jika konsumen Anda sudah mengetahui fitur dan fungsi dari barang yang Anda jual. Lalu apa benefit itu? Benefit adalah keuntungan produk, yang memenuhi keinginan, harapan dan kebutuhan dari konsumen.

Benefit ini bisa berbentuk waktu, uang, produktifitas, kualitas dan lainnya yang menjadi nilai tambah dari barang Anda. Sebagai contoh barang Anda bisa menghemat biaya perawatan, bisa menghemat waktu, dan lainnya.

Contoh Iklan Lengkap

Sebagai contoh Kacamata Anti Radiasi. Apa fungsi dari kacamata anti radiasi ini? Kacamata ini menolak sinar biru yang keluar dari gadget. Sehingga Saya tau pemasaran yang baik adalah konsumen yang sering menggunakan gadgetnya, seperti pekerja kantoran, pembisnis online para gamers dan lainnya yang menghabiskan didepan gadget.

Apa fitur dari kacamata anti radiasi ini? Banyak pilihan warna, model yang kekinian dan juga bentuknya yang simpel. Apa Benefit dari kacamata anti radiasi ini? Harga yang lebih murah dari yang lain, frame lentur sehingga frame tidak mudah patah, serta terjamin keasliannya sehingga benar-benar menjaga mata Anda dari sinar radiasi.

Jika kita perhatikan fitur dengan model yang kekinian dan benefit yang pada frame yang tidak mudah patah dan murah, kacamata anti radiasi ini mungkin sangat disukai para anak-anak muda yang suka akan trending fashion.

Sehingga untuk berikalan Anda bisa menentukan target secara terarah dan bisa menghemat waktu serta biaya periklanan tentunya. Sedangkan untuk kata-kata iklan, Anda bisa meringkas kata-kata yang sudah dikumpulkan tadi menjadi kata-kata yang mudah dipahami dan menarik.

Sebagai Contoh “Zore Anti Blueray Cara Tepat Menjadi Mata Diera Digital, Dengan Model Yang Trendi dan Banyak Pilihan Warna. Ekspresikan Gaya Mu Dan Jaga Mata Mu Bersama Zero Anti Blueray”.

 

Itulah Cara Kuasai Produk Bisnis Sebelum Anda Memperkenalkan Produk yang akan Anda jual. Saya memberikan Disclaimer, Saya tidak bisa menjamin apa yang saya berikan bisa meningkatkan penjualan yang signifikan, karena bisa saja setiap individu berbeda hasil.

Karena seperti yang sudah Kita tau, bahwa rezeki sudah ada yang mengatur. Kita hanya diwajibkan untuk berusaha dan berdoa. Semoga suksen untuk Anda. 

About Aji

Check Also

8 Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google Search engine Ar…

8 Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google Search engine Artikel pendukung adalah artikel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *