Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Riset Keyword

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Cara Menggunakan Google Keyword Planner, mungkin banyak dari Kalian sudah mengetahuinya. Namun, masih banyak juga yang belum mengerti secara baik. Padalah Google Keyword Planner itu Free alias gratis. Sangat sayang jika Kalian tidak menggunakan Layanan Google ini.

Google Keyword Planner

Apa itu Google Keyword Planner? Google Keyword Planner adalah layanan yang disediakan Google untuk meriset keyword atau kata kunci yang diperuntukan untuk para pengiklan di Google Ads. Namun, Kalian dapat memakai layanan Goggle ini untuk riset kata kunci,

Kalian tidak harus memasang iklan untuk menggunkan layanan Google yang satu ini. Namun Kalian harus tetap mendaftar di Google Ads, karena layanan ini merupakan bagian dari Google Ads.

Cara Mendaftar Google Ads

Untuk cara mendaftar di Google Ads tidak lah sulit dan yang terpenting adalah gratis. Namun, sebelum Kalian mendaftar dilayanan pengiklan Google ini, Kalian harus mempunyai akun Google terlebih dahulu.

Jika Kalian belum memilikinya Kalian dapat membaca Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi, Dan Cara Membuatnya.

Kami anggap Kalian sudah memiliki Akun Gmail. Selanjutnya Kita akan mendaftar Google Ads, Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman https://ads.google.com/home/ lalu klik Mulai sekarang.
  2. Kalian akan diminta untuk log in akun Gmail. Silahkan Log In terlebih dahulu, dengan cara seperti biasa. Masukan Email atau nomor ponsel, dan next lalu masukan kata sandi atau password, setelah itu klik next.
  3. Kalian akan dibawa pada jendela Kampanye baru. Kalian diminta untuk memilih tujuan Kalian mendaftar Google Ads. Terdapat 4 opsi pilihan yaitu Dapatkan lebih banyak panggilan, Dapatkan lebih banyak penjualan atau pendaftaran situs, Dapatkan lebih banyak kunjungan ke lokasi fisik Anda, dan Dapatkan peningkatan Brand awareness dengan jumlah tontonan video. Kalian pilih yang sesuai dengan yang Kalian targetkan. Lalu klik Berikutnya.
  4. Setelah itu Kalian akan diminta untuk memasukan nama bisnis Kalian. Kalian masukan sesuai dengan Brand dari barang yang Kalian jual. Lalu klik Berikutnya.
  5. Setelah itu Kalian akan diminta untuk memasukan alamat Website Kalian. Kalian masukan secara lengkap. misalnya https://www.situskalian.com/. Lalu klik Berikutnya.
  6. Selanjutnya Kalian akan diarahkan pada preview dari situs Kalian. Kalian bisa langsung mengklik Berikutnya.
  7. Selanjutnya Kalian diminta untuk mengisi data dari iklan yang akan Kalian buat dan juga nomor telpon. Setelah terisi semua lalu klik Berikutnya.
  8. Kalian Akan diminta untuk memilih Tema Kata Kunci. Pilih kata kunci yang akan Kalian gunakan. Namun bukan ini tujuan utama Kita. Jadi pilih saja Kata Kunci utama yang cocok untuk Bisnin Kalian. Setelah itu klik Berikutnya.
  9. Setelah itu Kalian akan diminta untuk memilih target pasar. Jika Kalian memilih Beriklan didekat alamat tertentu, Kalian akan diminta alamat usaha kalian dan radiusnya. Namun jika Kalian memilih Beriklan di kode pos, kota atau wilayah tertentu, Kalian harus memasukan kode pos atau nama wilayahnya. Jika sudah klik Berikutnya.
  10. Selanjutnya Kalian akan diminta untuk menetapkan Anggaran. Untuk mempermudah, Kalian bisa memilih Opsi Anggaran dan pilih salah satu. Setelah itu Klik Berikutnya.
  11. Kalian akan diarahkan pada Tinjau Kampanye yang Kalian buat tadi. Jika sudah di cek dan tidak ada kesalahan. Kalian bisa klik Berikutnya.
    Google Keyword Planner

  12. Setelah itu Kalian akan diminta untuk mengisi konfirmasi pembayaran. Kalian isi, jika sudah centang kotak “saya menyetujui dan persayratan dan ketentuan Google Ads”, dan klik Kirim.
    Note: Untuk mempermudah pendaftaran, Kalian pilih cara pembayaran manual, dan metode pembayaran tranfer.
  13. Maka sudah selesai dalam pendaftaran Google Ads. Kalian bisa Klik Pelajari Kampanye Anda dan Klik Beralih Ke Mode Pakar dengan caara mengklik ikon gambar kunci ingris.
  14. Secara otomatis pada ikon yang sama akan berubah menjadi alat dan setelan, lalu Kalian klik kembali dan pilih Keyword Planner. Silahkan Kalian gunakan Keyword Planner secara gratis.

Setelah berhasil mendaftar Google Ads, saatnya Kita akan meriset Kata Kunci atau Keyword untuk keperluan SEO.

Cara Riset Keyword Di Google Keyword Planner

Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk meriset Keyword atau kata kunci adalah:

  1. Yang pasti Kalian masuk terlebih dahulu ke Google Keyword Planner. Kalian akan dihadapkan pada 2 pilihan Temukan Kata Kunci Baru dan Dapatkan Volume Penelusuran dan Perkiraan. Kalian pilih saja Temukan Kata Kunci Baru. Karena Kita akan mencari Keyword turunan dari Keyword yang Kita bidik.
  2. Lalu Kalian akan diminta untuk memasukan kata kunci atau keyword yang kalian bidik. Masukan saja kata kunci utama. Lalu klik Dapatkan hasil.
  3. Kalian akan mendapatkan data keyword turunan beserta estimasi perkiraan pengunjungnya.
  4. Kalian bisa memulai dengan Persaingan. Sedang untuk membuat artikel pilar, dan Persaingan Rendah sampai tanpa persaingan untuk artikel pendukung.

Itulah Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk meriset kata kunci atau Keyword sebagai keperluan SEO. Sangat mudah bukan. Selamat Mencoba.

About Aji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *