Jenis Burung Kenari Yang Populer di Indonesia

Jenis Burung Kenari Yang Populer di Indonesia

Burung Kenari siapa yang tidak kenal dengan yang satu ini. Burung yang banyak diminati para pecinta burung karena warnanya yang indah dan suaranya yang merdu. Bahkan, burung ini juga sering dilombakan dalam kontes burung oleh para Kicau Mania.

Banyak warna dan jenis Burung Kenari ini, dan beberapa sangat mudah ditemukan di pasar Indonesia. Berikut ayobaca.my.id mengulas tentang jenis, warna dan karakteristik dari burung Kenari:

Tentang Burung Kenari

Para Kicau Mania pasti sudah kenal Burung Kenari ini, namun Dari mana asalnya Burung Kenari ini? Dan dimana habitat aslinya? Mungkin hanya sedikit yang mengetahuinya.

Burung Kenari berasal dari Kepulauan Makaronesia yang berada di Samudra Atlantik. Burung ini pertama kali ditemukan pada abad ke-15 oleh Jean de Bertehan Cout yang merupakan pelaut asal Prancis di Pulau Canary. Sehingga Burung ini dinamakan Burung Canary.

Karena suaranya yang merdu serta warna bulunya yang indah, beberapa pelaut membawanya untuk dipelihara dan dikembangbiakan, sehingga burung ini tersebar di daratan Eropa. Karena banyaknya orang dari Italia, Inggris dan Spanyol yang tertarik, sehingga burung ini mulai tersebar diberbagai negara.

Di Indonesia sendiri, burung ini masuk karena dibawa oleh orang-orang Belanda. Karena pada masa itu, siapa yang memiliki burung ini dianggap sebagai orang kaya dan terpandang.

Jenis Burung Kenari di Indonesia

Banyaknya sekali jenis dari burung yang satu ini. Ini dikarenakan para peternak yang mengawinkan silang dengan dari jenis berbeda yang tentunya hasil perkawinannya menghasilkan jenis yang berbeda. Mereka berharap mendapatkan generasi yang lebih berkualitas dari suara dan warnanya.

Pada umumnya jenis kenari dibagi menjadi 3 tipe, yaitu Jenis Kenari Postur, Jenis Kenari Singer dan Jenis Kenari Warna. Untuk lebis jelasnya simak penjelasan berikut:

Jenis Kenari Postur

Di Indonesia sudah banyak jenis-jenis kenari postur, namun terdapat 7 jenis kenari postur yang terkenal di Indonesia. Kenari yang populer di Indonesia adalah:

1. Kenari Scotch Fancy

Sumber: Burung Kicau

Kenari Scotch Fancy atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kenari SF merupakan kenari postur bertubuh paling kecil.  Burung ini awalnya dikembangbiakan di negara Skotlandia pada tahun 1900-an.

Ukuran tubuhnya sekitar 10 cm s/d 13 cm dan tubuhnya membentuk bulan sabit atau melengkung dari kepala hingga ekornya. Burung yang satu ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000-an dan populer pada tahun 2017. Karena permintaan pasar pada saat itu nenginginkan kenari dengan postur yang melengkung.

Untuk harganya sendiri, hasil impor dijual dengan harga 1 juta hingga 2 juta rupiah. Tergantung dari spek suara dan postur tubuhnya.

2. Kenari Belgian Bossu

Jenis Burung Kenari Belgian Bossu

Kenari Belgian Bossu atau biasa dikenal dengan Kenari BB. Burung Kenari ini berasal dari negara Belgian. Burung jenis ini dikembangkan sekitar 1900-an.

Jenis burung ini memiliki postur 11 cm s/d 13 cm hampir sama dengan Kenari Scotch Fancy. Ciri-ciri dari burung ini adalah ekornya sedikit melengkung dan bagian kepalanya membungkung. Ciri unik ini yang menjadi daya tarik untuk para pecinta burung.

Harga impor Kenari Belgin Bossu mencapai 2 juta hingga 3 juta rupiah. Sedangkan untuk indukannya bisa mencapai 3,5 juta hingga 5 juta rupiah. Kembali lagi kepada aspek suara dan postur tubuhnya.

3. Kenari Gloster

Jenis Burung Kenari Gloster Corona

Kenari Gloster yang sering disebut dengan Kenari Jambul. Asal dari burung ini adalah Negara Inggris. Kenari Gloster ini memiliki 2 Jenis, yaitu Kenari Gloster Corona dan Kenari Gloster Consort.

Jenis Burung Kenari Gloster Consort

Untuk ciri Gloster Corona memiliki jambul yang berbentuk bulat seperti topi dan hampir menutupi seluruh matanya. Sedangkan untuk Gloster Consort memiliki jambul yang tipis. Untuk postur tubuhnya secara umum sama, yaitu dengan tubuh yang bulat, kakinya pendek dan berukuran 13 cm. 

Untuk harganya sekitar 2 juta. Tergantung dari aspek suara yang dihasilkan, warna dan ciri uniknya.

4. Kenari Gibosso

Jenis Burung Kenari Gibosso

Kenari Gibosso merupakan Jenis Burung Kenari yang sangat extrime dari Jenis Burung Kenari lainnya, jika dilihat dari posturnya. Jenis ini dikembangbiakan di Negara Spanyol.

Burung ini memiliki ciri yang tegap, panjang, membungkuk dan pada bagian bulunya  seperti tidak full. Ukuran tubuhnya 13 cm – 16 cm.

Kenari ini dibandrol dengan harga 3 juta hingga 6 juta. Namun, kenari jenis ini sudah jarang ditemui.

5. Kenari Lancenshire

Jenis Burung Kenari Lancenshire

Kenari Lancenshire merupakan jenis kenari yang berpostur besar. Burung ini merupakan cikal bakal dari kenari jenis Kenari Yorkshire. Kenari Lancenshire berasal dari Negara Inggris.

Di daerah asalnya sering disebut kenari raksasa, karena ukuran tubuhnya hampir 20 cm. Burung ini memiliki dua jenis, yaitu Kenari Lancenshire Coppies atau Kenari Lancenshire Jambul dan Kenari Lancenshire Planhead atau Kenari Lancenshire LC.

Burung ini memiliki harga yang tidak jauh beda dari Kenari Yorkshire yaitu 4 juta sampai 5 juta rupiah.

6. Kenari Yorkshire

Jenis Burung Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire atau lebih dikenal dengan sebutan Kenari YS, berasal dari Negara Inggris. Untuk jenis yang satu ini pasti sudah sangat terkenal di Indonesia, bahkan cukup populer di Dunia. Bahkan beberapa menyebutkan jenis YS ini merupakan Jenis Kenari dengan Tahta tertinggi di kelas Kenari.

Yang membuatnya menjadi primadona adalah postur tubuhnya yang tinggi besar dengan ukuran tubuh 15 cm s/d 20 cm, sehingga para pecinta Burung Kenari wajib untuk memiliki Burung jenis ini.

Burung ini dibandrol dengan harga 5 juta hingga 6 juta. Tergantung aspek postur tubuhnya, suara dan juga warna dari burung ini.

7. Kenari Persian Rasmi Boland

Jenis Burung Kenari Persian Rasmi Boland

Kenari Persian Rasmi Boland atau biasa disebut Kenari Rasmi. Burung ini berasal dari Negara Iran, yang merupakan hasil dari persilangan Kenari jenis Yokshire dan jenis Gibosso.

Burung yang satu ini termasuk dalam jenis yang bertubuh besar, dengan ukuran 15 s/d 20 cm. Keunikan dari jenis ini adalah di ekornya yang memiliki ukuran lebih panjang dari jenis Kenari lainnya. Panjang ekornya bisa mencapai 10 cm s/d 12cm.

Untuk harga berkisar antara 4 juta hingga 10 juta rupiah. Tergantung dari spek, ukuran dan lainnya.

Jenis Kenari Singer

Jenis Kenari Singer merupakan jenis yang memiliki suara indah, merdu dengan karakter suara yang ngerol. Terdapat 4 jenis kenari yang terpopuler di Indonesia, yaitu:

1. Russian Canary

Jenis Burung Kenari Russian Canary

Rusian Canary berasal dari Tyrol, Jerman. Karena suaranya yang unik yaitu bisa menirukan suara burung lain maka burung ini dikembangkan di Rusia.

Burung ini lalu dilatih dengan fluit dan alat musik lainnya, sehingga terbentuk karakter suara seperti suling yang melengking kencang.

2. Waterslager Canary

Jenis Burung Kenari Waterslager Canary

Waterslager Canary merupakan jenis burung yang berasal dari Kota Malinois, Belgia. Dalam pengembangannya burung ini dilatih dengn suara lonceng, air sehingga memiliki karakter suara seperti gemrecik air. Karakter suaranya tidak terlalu tinggi namun unik.

Keunikan suara inilah yang menjadikan jenis ini populer.

3. Spanish Timbrado Canary

Jenis Burung Kenari Spanish Timbrado Canary

Spanish Timbrado Canary berasal dari Negara Spanyol dan dikembangkan pada tahun 1940. Jenis ini merupakan hasil dari kawin silaang antara Kenari liar dengan Kenari asal Sepanyol. Karakter suara yang keras dan jernih menjadikan Burung Kenari ini primadona di kelas Kenari Singer.

4. American Singer Canary

Jenis Burung Kenari American Singer Canary

American Singer Canary berasal dari Negara Amerika. Jenis merupakan hasil kawin silang antara Kenari Rollerl dan Kenari Border, sehingga memiliki postur tubuh yang besar yaitu 14,5 cm. Karakter suaranya yang bervariasi, tidak terlalu keras dan kasar.

Jenis Kenari Warna

Seperti yang dijelaskan diawal tadi, Burung Kenari memiliki banyak jenis warna seperti kuning, hijau, putih, starblue (biru kehitaman), panda (putih bercampur hitam) dan merah. Namun pada Jenis Kenari Warna, lebih mengidentikan pada warna merah atau Red Series. Berikut 4 warna Red Serias yang terkenal di Indonesia:

1. Kenari Red Intensive

Jenis Burung Kenari Red Intensive

Kenari Red Intensive merupakan jenis burung kenari yang memiliki warna merah pekat dari ujung kepala hingga ekornya. Namun beberapa jenis ini ada yang tidak sempurna yaitu pada bagian ujung bulu sayap dan ujung ekor terdapat sedikit warna putih.

Burung jenis ini dibudidayakan di Jerman di awal tahun 90-an. Jenis ini merupakan hasil persilangan dari Burung Kenari dengan Burung Siskin yang merupakan jenis burung Finch.

Postur tubuh dari Kenari Red Intensive tidak terlalu besar yaitu 10 cm s/d 13 cm. Karakter suaranya sama dengan karakter suara kenari pada umumnya.

Harga dari Burung Kenari Red Intensive berkisar dari 500 rb hingga 1 juta. Tergantung dari kesempurnaan warna merah pada tubuhnya.

2. Kenari Red Mozaik

Jenis Burung Kenari Red Mozaik

Kenari Red Mozaik ini memiliki bulu yang indah yaitu warna putih bersih bercampur dengan warna merah dibeberapa bagian tubuhnya. Burung ini berasal dari Belanda.

Ukuran tubuhnya sama dengan ukuran tubuh Kenari pada umumnya, yaitu sekitar 10 cm s/d 13 cm. Karakter suaranya juga tidak berbeda pada kenari umumnya.

Mungkin Anda Tertarik: “www.kebundigital.com

Harga dari Red Mozaik berkisar dari 800 rb sampai dengan 1 juta. Tergantung dari spek warna dan suaranya.

3. Kenari Black Red

Jenis Burung Kenari Black Red

Kenari Black Red ini memiliki warna merah gelap dengan corak hitam pada bagian sayap hingga ekornya. Yang unik dari burung yang satu ini adalah pada usia muda atau biasa dikenal dengan usia paud, warna pada bulunya lebih seperti warna burung gereja.

Untuk postur kenari jenis ini berukuran 10 cm s/d 13 cm dengan karakter suara sama dengan kenari pada umumnya.

Harga Burung Kenari Black Red ini di bandrol dengan harga 500 rb hingga 800 rb. Dan burung jenis ini sudah sulit ditemukan dipasaran.

4. Kenari Red Agate Mozaik

Jenis Burung Kenari Red Agate Mozaik

Kenari Red Agate Mozaik memiliki warna seperti percampuran jenis Kenari Red Mozaik dengan Kenari jenis Black Red, namun warna merah pada jenis ini tidak segelap jenis Black Red.

Ukuran jenis ini tidak beda jauh dengan kenari pada umumnya yaitu 10 cm / 13 cm.

Itulah Jenis Burung Kenari Yang Populer di Indonesia. Sebenarnya masih banyak yaang belum Kami sebutkan. Kalian bisa sebutkan yang belum Kami sebutkan dalam komentar.

About Aji

Check Also

Burung Kenari Giboso, Jenis Kenari Postur Extrime

Burung Kenari Giboso, Jenis Kenari Postur Extrime Kenari Giboso merupakan salah satu Jenis Burung Kenari tipe …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *